Sya'ban, murnikan iman, eratkan persaudaraan

Bismillahirrahmanirrahim

Sya'ban adalah bulan kedelapan dlm kalender Hijriyah, bulan yang diapit oleh bulan Rajab dan Ramadhan.
Bulan Rajab termasuk empat bulan haram dan dalam bulan tsb juga terdapat peristiwa isra' wal mi'roj Baginda Nabi Besar Muhammad Saw, dengan sering kita memperingatinya, menjadi mudah kita untuk mengingatnya. 

Sedangkan bulan Romadhon adalah bulan dimana kita menjalankan ibadah shaum selama sebulan penuh, pasti kita mengingatnya krn bulan tsb diakhiri dg hari raya.

Dan inilah bulan sya'ban bulan yang banyak manusia melupakannya.

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ

“(Sya’ban) ini adalah bulan yang dilalaikan oleh kebanyakan manusia, yaitu (terletak) antara bulan Rajab dan Ramadhan” (HR. An-Nasa’I; hasan)

وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Di bulan inilah amal perbuatan manusia diangkat kepada Rabb semesta alam, oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan". (HR. An-Nasa’i; hasan)

إِنَّ اللَّهَ لَيَطَّلِعُ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

“Sesungguhnya Allah memeriksa pada setiap malam nishfu Sya’ban. Lalu Dia mengampuni seluruh makhluk-Nya, kecuali yang berbuat syirik atau yang bertengkar dengan saudaranya” (HR. Ibnu Majah; shahih)

Demikian ajaran dan keutamaan bulan Sya'ban.

اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان. امين يارب العالمين

Komentar

Postingan Populer