Hijrah



Abu Musa al-asy'ari ra salah satu gubernur pada masa Khalifah Umar bin Khattab ra menulis surat yg isinya

انه ياءتينا منك كتب ليس لها تاريخ

"Sesungguhnya datang kpd kami surat2 dari engkau Khalifah, tidak ada tanggal di dalamnya".

Atas dasar ini Khalifah Umar mengumpulkan para sahabat, bermusyawarah untuk menentukan penanggalan/kalender Islam yang sampai saat ini kita gunakan dg kalender Hijriyah.

Diantara usulan dan pendapat dari para sahabat, pendapat Sayyina Ali karromallohu wajhah lah yg diambil dgn menjadikan peristiwa hijrah sebagai awal penanggalan Hijriyah. Kata Umar

الهجرة فرقت بين الحق والباطل فارخو بها
"Hijrah adalah pemisah antara yang Haq dan yang bathil, maka berilah tanggal dari peristiwa tsb".

Hijrah merupakan peristiwa fenomenal dlm Islam, tdk hanya untuk menegakkan dakwah Islam akan tetapi juga untuk menyelamatkan keimanan dan ketaqwaan para sahabat dari intimidasi, eksploitasi para kafir Makkah ketika itu. Seluruh sendi kehidupan muslim, dakwah, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya, diamputasi oleh keberingasan para kafir Makkah.

Makna Hijrah

Kini, 1440 tahun sudah peristiwa hijrah berlalu. Ada pesan ruhani yang diajarkan rosululloh dr peristiwa tersebut. Bahwa hijrah merupakan sunnatulloh bagi para nabi dan rosul, tidak hanya rosul kita Muhammad saw, akan tetapi nabi2 sebelumnya juga melalui fase yang sama. Dan kita dapat menauladani hal tsb dg memaknai 'hijrah' sebagai sebuah loncatan perubahan dari 'tidak baik' menjadi 'baik', dari maksiat menjadi toat, dari tholeh menjadi sholeh.

Sudahi segala kenakalan, kemaksiatan, sikap hubbud dunia, dan segala sesuatu yang menyebabkan kita jauh dari Alloh. Saatnya kembali, menata hidup dan masa depan dengan iman dan amal sholeh. Semoga Alloh kabulkan niat, cita-cita dan harapan kita di tahun baru ini. Aamiin Ya Mujibas Saailiin

Mari kita hijrah

والله اعلم بالصواب

Saling Mengingatkan
Saling Mendoakan

Ponpes Nurul Hidayah Al-Fatihah Bojonggede

#wakafnha

Komentar

Postingan Populer